Home » Pendidikan » Smp Jayanegara – Sekolah di Daerah Terpencil

Smp Jayanegara – Sekolah di Daerah Terpencil


Topik: , ,
Share:

Sebagaimana diketahui bersama bahwa peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan telah diatur sejak lama dalam peraturan perundang undangan, maka sebuah yayasan sosial telah mengambil bagian untuk melaksanakannya dalam membantu pemerintah untuk melaksanakan proses pembelajaran pada suatu daerah terpencil di lereng gunung Arjuno.

Yayasan Pendidikan Jaya negara berkiprah memberikan andilnya dalam mengentas dan melaksanakan program wajar diknas 9 tahun, dengan mendirikan sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lereng gunung Arjuno yang terletak di desa Wonorejo – Kecamatan Lawang. Walaupun masih menempati gedung SDN Wonorejo 02, akan tetapi semangat pengurus yayasan ini sedikit banyak telah meringankan beban masyarakat di Wonorejo. Hal ini disebabkan jarak antara Desa Wonorejo dengan sekolah yang sejenis, terutama SMP Negeri adalah sangat jauh. Selain itu, kondisi ekonomi masyarakat yang kebanyakan petani, buruh tani dan penjaga makam cina; masalah transportasi untuk menuju ke sekolah SMP Negeri dirasakan masih jauh dari jangkauan.

Semangat dan kemauan dari pengurus yayasan untuk mengurangi beban masyarakat dalam menyekolahkan anaknya dengan kondisi ekonomi yang ada patut diacungi jempol dan penghargaan yang setinggi tingginya. Mengapa ? Dalam jaman ekonomi global dimana setiap orang sibuk memikirkan nasibnya sendiri sendiri, masih ada keinginan dari sebuah yayasan untuk meringankan beban masyarakat dengan mendirikan sebuah sekolah di daerah terpencil yang jauh dari keramaian kota. Masih sempat mereka memikirkan tingginya biaya transportasi yang akan membebani masyarakat dalam menyekolahkan anak-anaknya.

Sekali lagi seluruh Tim Redaksi Lawang Post mengucapkan salut dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Pendidikan Jayanegara, atas langkah yang ditempuh untuk meringankan beban masyarakat di daerah terpencil.

SMP yang berdiri sejak tahun 2007 ini telah terdaftar dengan NSS 204051806346 dan saat ini masih menggunakan gedung SDN Wonorejo sebagai tempat pelaksanaan proses pembelajarannya. Oleh karena itu, pelajaran dimulai sejak jam 13.00 sampai dengan 17.25. Saat ini ada 2 (dua) rombongan belajar yang terdiri dari 68 siswa dibawah asuhan 15 guru pada sekolah ini, sedang kepala sekolah dipegang oleh seorang wanita bernama Dra.Laminah yang selalu bersemangat untuk memajukan sekolah ini.

“Semoga sekolah ini dapat bertahan dan nantinya ada bantuan dari pemerintah atau pihak swasta yang akan memberikan bantuannya untuk membangun gedung sekolah dan segala fasilitasnya sehingga menjadi sekolah sempurna dan mandiri.” Harapannya disampaikan kepada LP. Tak berkelebihan kiranya bila dengan ditampilkan di media ini, akan datang bantuan baik dari pemerintah maupun swasta untuk membantu yayasan ini. Inilah saat yang tepat untuk membantu saudara kita di tempat terpencil.



Bila Anda keberatan atau ingin memberi koreksi terhadap content di Lawang Post, jangan ragu untuk menghubungi kami.


  • http://penghuni60.blogspot.com penghuni60

    yups, bnr bgt, semua layak mendapatkan pendidikan.
    pendidikan itu penting demi kemajuan bangsa!

Berlangganan via E-mail

Masukkan E-mail Anda:


Facebook

Komentar

  • kartikasari: Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. Pengangkatan Guru Honorer Melalui Jalur Khusus di BKN Pusat...
  • rizza: saya dari umum mau tanya gimana cara gabung trims
  • nx broo: Shidiqin = satrio pinandito setara Rasul Bani Israil setara Ghautsul Adhom Hadzazzaman v Cirinya menduduki...
  • ensabahnur999: Federasi Ceylon: Chyren Selin (dajjal) sebagai avatar Brahma. lautan bermuda. Rudra Chakrin (kalki...
  • Pangeran Pamcasari: Setelah Pak Jokowi terpilih, Apakah beliau ini Satria Piningit?