Home » Agama » Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Bekerja Membangun Akhlaq Bangsa

Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Bekerja Membangun Akhlaq Bangsa


Topik: ,
Share:

Dari sejak zaman orde baru sampai orde reformasi ini, program pemerintah di bidang pembangunan keagamaan tidak pernah berhenti, karena memang pembangunan bidang agama merupakan salah satu faktor untuk memperkuat jati diri bangsa melalui pembentukan akhlaq mulia melalui pendidikan keagamaan, baik secara formal maupun informal. Demikian pula yang dilakukan oleh KH. Muhammad Ma’ruf Abuamar pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an yang terletak di daerah Karangsono, Kelurahan Kalirejo ini.

Setelah bertahun-tahun mendalami ilmu agama Islam di pondok pesantren Sunan Pandanaran – Kaliurang Yogyakarta, kemudian dilanjutkan mengaji kitab kuning pada pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in – Ngunut, Tulungagung, maka putera ke 9 alm. KH Mas Abuamar ini pada tahun 1992 mulai merintis pendirian pondok pesantren Hidayatul Qur’an dan sampai hari ini pun masih berusaha untuk menyelesaikan pembangunan pondok pesantrennya dengan berusaha mendapatkan donatur/sumbangan sampai ke negeri jiran.

Dan alhamdulillah, sampai saat ini bangunan pondok pesantren ini sudah dapat dikatakan layak untuk disebut sebagai pondok pesantren. Karena para santri tidak kehujanan di kala hujan dan tidak kepanasan di kala terik matahari bersinar.

Adapun materi yang di ajarkan di pondok pesantren ini adalah meliputi madrasah diniyah (pelajaran salaf), kitab kuning dan juga tahfidz – al Qur’an (hafalan qur’an), di mana semuanya diberikan dengan sabar dan penuh ketelatenan.

Adapun KH Muhamad Ma’ruf Abuamar sendiri seringkali mengadakan perjalanan ke negeri jiran dengan keperluan mengajarkan ilmu agama Islam di sana dan honor yang diterimanya dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan pondok. Sedang untuk menutup kebutuhan keluarganya, kyai ini membuka beberapa kios penjualan kebutuhan rumah tangga.

Nah, mungkin ada dian tara masyarakat Lawang baik yang berada di Lawang mau-pun yang berada diluar kota Lawang yang mempunyai kelebihan rejekinya dapat mengirimkannya untuk pembangunan pondok pesantren Hidayatul Qur’an sebagai suatu amalan jariyah.

Tidak ada berita terkait.



Bila Anda keberatan atau ingin memberi koreksi terhadap content di Lawang Post, jangan ragu untuk menghubungi kami.


  • http://wahyujrs.blogspot.com all new motorcycle

    saya sangat mendukung semua yang dilakukan untuk membangun bangsa iniagar lebih baik dimasa depan

Berlangganan via E-mail

Masukkan E-mail Anda:


Facebook

Komentar

  • kartikasari: Berkat Bpk AIDU TAUHID.SE. M.Si. Pengangkatan Guru Honorer Melalui Jalur Khusus di BKN Pusat...
  • rizza: saya dari umum mau tanya gimana cara gabung trims
  • nx broo: Shidiqin = satrio pinandito setara Rasul Bani Israil setara Ghautsul Adhom Hadzazzaman v Cirinya menduduki...
  • ensabahnur999: Federasi Ceylon: Chyren Selin (dajjal) sebagai avatar Brahma. lautan bermuda. Rudra Chakrin (kalki...
  • Pangeran Pamcasari: Setelah Pak Jokowi terpilih, Apakah beliau ini Satria Piningit?